Review nikahan part 1 (kebaya)

Dari jaman ngurusin perintilan mau nikah, gw sebenernya udah pengen banget ngeblog buat ngereview vendor ina itu… apa daya gw males, jadilah baru sekarang gw reviewnya hahaha. Gpp lah ya… yang penting kan informatif dan sukur2 bisa membantu para bridezilla diluar sana yang lagi pada nyiapin kawinan. 
 
Sedikit info tentang kawinan gw ini… gw WNI dan suami WNA… tadinya kita mau nikah di Jerman karena toh gw juga domisilinya disini sejak 7 tahun terakhir dan ngurus surat suratnya lebih gampang… eh apa daya Babe gw ngga setuju, yaudah deh kita banting setir… bye bye nikah catatan sipil di Jerman, hallo ngurus dokumen nikahan yang ribet banget buat nikah di KUA Indonesia #menangissendu
Karena batal nikah catatan sipil disini, akhirnya kita melangsungkan destination wedding akad nikah dan resepsi di Bandar Lampung bulan Juli 2015 kemarin. Dilanjutin dengan dangdutan pake organ tunggal resepsi kedua di Jerman bulan Oktober 2015. Kenapa pilih menikah bulan Juli 2015? Itu kebetulan seminggu setelah Lebaran… jadinya sekalian makan rendang opor mudik Lebaran deh pulang ke Indonesianya. Trus kenapa pilih resepsi keduanya bulan Oktober 2015? Karena disini dapet gedungnya tanggal segitu #yanasib …. itu pun dapet lokasinya buat hari Jumat malem, bukan Sabtu malem… dan itu pun kita udah booking 11 bulan sebelumnya. Sejujurnya gw juga ngga ngira perjuangan dapetin lokasi kawinan disini lebih kejam daripada di Jakarta.. yaaa untung bgt intinya kita dapet lokasi yang kita pengenin di bulan yang kita pengen.

Gw tuh mau cerita tentang kebaya nikahan lho sebenernya… kenapa jadi ngelantur 3 paragraf tentang rendang opor hal lainnya begini ya. Oiya bagi yang nyangkut di blog ini dan berharap gw nulis tentang prosedur ngurusin surat pernikahan…. Mbak Mas sekalian boleh di tutup browsernya…. soalnya gw ngga bakalan nulis tentang itu. Selain udah banyak blog lain udah ngebahas topik yang sama…. sejujurnya gw pun lupa2 inget sama proses ngurus surat surat pernikahan yang gw urus slow but sure selama setengah tahun hehehehe… gw ingetnya ribetnya doang soalnya gw sama calon suami di Jerman, ortu di Lampung, padahal banyak dokumen2 yang harus diurus langsung di Jakarta. Jadi kita bahas kebaya aja yaaa hehehe..

Awalnya gw udah mimpi mimpi absurd mau bikin kebaya nikahan di Vera Kebaya, Studio Boh atau di Yefta Gunawan. Abis bok kalo liat di instagram cakep bener yak kebaya bikinan mereka. Tapi gw mah nyadar diri aja… badan lumayan dan muka lumayan kayak gw gini pake kebaya non desainer pun pasti kece #plakplak #tamparbolakbalik Hahaha engga deng… gw mah nyadar diri aja, itu kebaya desainer udah mah harganya selangit… dan pegimana caranya gw mau fitting bok… masak iya Yefta Gunawan gw beliin tiket pesawat bisnis pp Jakarta-Frankfurt buat ngukur badan gw :)) Akhirnya pilihan jatuh ke si Cici tukang jahit baju pesta dan kebaya di Bandar Lampung #realistis #byebyeYefta

Nikahan gw kan Juli 2015 kemarin… kebetulan pas Oktober 2014 gw lagi liburan 3 minggu sama calon suami ke Indonesia…. Dan Januari 2015 gw harus pulang lagi ke Indonesia karena kakak gw nikah. Pas deh jadinya… Oktober 2014 gw diukur badannya, sekalian ngasih model kebaya yang gw pengen… trus Januari 2015 gw fitting kebaya yang udah jadi sekitar 40% (dan pas resepsi nikahan Kakak gw pun gw udah pake kebaya bikinan si Cici, karena doi pengen bikin satu kebaya dulu buat gw sebelum bikinin baju kawinan)… trus pas Juli 2015 gw fitting final H-5.

Kebetulan si Cici ini rumahnya masuk ke gang (masuknya dari Jl.Kartini seberangnya Tailor Acen, buat yang mau bikin kebaya di Lampung juga)… dan pas gw pertama kali kesana 10 bulan sebelum kawinan, calon suami gw ikut juga..kita kesana sama nyokap & ponakan gw juga #serombongan #sirkus. Trus calon suami gw melongo aja dong pas liat rumahnya yang sederhana dan (tanpa bermaksud merendahkan) masuk gang… ekspresi mukanya tuh kayak gini „ini beneran nih calon bini gw mau jahit baju kawinan disini?“ hahahahaha… maklum waktu itu calon suami gw baru pertama kali ke Indonesia, pertama kali ke Asia juga… anaknya masih kaget liat yang serba sederhana dan nggak kayak standar Eropa.

Panjang yaaah gw cerita kebaya doing wkwkwk. Gambarnya mana Kak?? Ini diaaa silahkan… kebaya nikah model kerah cheongsam yang suatu hari anak perempuan atau calon menantu perempuan gw harus pake kalo mereka nikah… sayang bokk masih bagus gw aja baru pake 2x #hemat 


Tampak belakang dan payetnya yang manis dan rapi
Kerahnya model Cheong Sam. Gw lagi deg deg an bagaikan mau tanda tangan kontrak cicilan KPR wkwk.

Keliatan khaaannn fittingnya oke banget ngga kalah deh ama Vera Kebaya
Gw puas banget pokoknya sama kebaya bikinan si Cici… bustiernya ngepas di badannya enak banget dan payetnya cantik dan rapi. Tips nomer satu dari gw untuk jahit kebaya untuk nikahan... beli lah bahan yang MAHAL! Iyaaa bok serius ini gw... emang ada barang ada harga banget deh, dan bahan yang mahal itu memang jatuhnya baguuuuusss banget setelah dijahit. Tips nomer dua dari gw, jangan punya ekspetasi yang tinggiiiiii banget... kebayanya harus begini, harus begitu, harus keliatan kayak harganya 70 juta.... aihh matek. Ekspetasi gw sendiri sih ya sedeng aja... gw yakin hasilnya ngga akan jelek, dan pas hari H kan gw auranya hepii banget karena it's my wedding day.. trus didandanin lah, difoto ama fotografer yang oke lah... jadi pasti cakep lah gausa khawatir.

Oiya soal harganya.... bahan kebaya sebanyak 2.5 meter beli di Jakarta totalnya 5 juta... ga tau dimana Nyokap yang beliin, gw mah buta Jakarta hehe. Ongkos jahitnya sendiri 4 juta, ditambah ongkos payet-in kebayanya 3 juta... jadi totalnya 12 juta. Mahal dan murah relatif lah yaaa... kalo Raline Shah mah pake kebaya harga sejuta juga cakep banget kali jatohnya... sementara di Vera Kebaya 12 juta cuma dapet kebaya simple doang ciyn katanya... itupun baru ongkos jahitnya. Oke segini dulu yaa review kebayanya, nanti gw review vendor vendor lainnya.

This entry was posted on Friday, February 19, 2016 and is filed under ,,,,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.

2 Responses to “Review nikahan part 1 (kebaya)”

Unknown said...

kk.. jait kebaya akad itu brp ya? XD

Di said...

Hi :) aku beli bahannya 2,5 meter totalnya 5 juta, ongkos jahitnya 4 juta, ongkos payetnya 3 juta, jadi totalnya 12 jt :)