panggilnya apa ya? fenomena kekinian yang kebablasan

Di usia kehamilan yang udah hampir 20 minggu ini, bayangan bakalan punya anak kecil udah makin real tiap harinya. Pas gw lagi ngebayang bayangin anak gw manggil Mama ke gw dan Papa ke suami, tiba tiba kok gw kepikiran ...eh nanti anak gw panggilnya apa ya ke mertua gw? Kalo ke ibu mertua udah pasti Oma, ke bapak mertua udah pasti Opa, standar Jerman lah. Nah masalahnya mertua gw udah pisah dari suami gw masih kecil dulu.... dan mereka udah punya pasangan masing. Ntar si Cikin bingung dong... kenapa Omanya ada dua dan juga Opanya ada dua? Apa dikasih panggilan lain aja yah pasangan mertua gw? Tapi apa dong panggilannya?

Kalo dari pihak keluarga sih udah jelas banget nanti Cikin panggilnya apa. Bokap gw orang Lampung asli, nyokap gw Batak-Sunda.... tapi nama panggilan yang kita pake 1000% sebutan2 orang Lampung. Kalo ke keluarga dari nyokap gw masih pake nama2 panggilan Batak sih... Ompung, Tulang, Bujing, dst... tapi sisanya Lampung pol. Nyokap gw dipanggilnya Siti (Nenek) dan bokap gw dipanggilnya Sidi (kakek).

Gw entah kenapa gw ga demen banget deh sama fenomena di Indonesia beberapa tahun belakangan ini, yang ngeganti nama panggilan untuk Nenek, Kakek, Tante, Oom dst... yang gaada hubungannya sama adat suatu daerah atau ngga berbahasa Indonesia, pake bahasa Enggres malah iya... zzzz cape deh. Kalo Kakek jarang sih namanya dirubah..misalnya orang Jawa ya tetep Eyang aja gitu misalnya panggilannya. Kalo Nenek2 ampun dehhh... kenapa sih udah punya cucu tapi ngga mau dipanggil Nenek / Eyang / Oma? Biar tetep awet muda kah? Kenapa ngga minum aer SK II aja sekalian Nek? Apa biar ikrib sama cucunya? Gw panggil Nenek gw ngga pake sebutan gaul pun tetep akrab aja deh Nek.

Buat yang ngga ngerti ini gw lagi ngomong apa sih.. ini gw kasih contoh2nya yaaa..

1. Nama asli Anita, tapi ga mau dipanggil Nenek sama cucunya. Maunya dipanggil Mami aja. Mami + Anita = Mita. Tsaaah gaya banget dah, padahal umur udah 60 mah gabakal keliatan kayak umur 25 juga kali Nek kalo dipanggil Mita.

2. Nama asli Lia, tapi ngga mau dipanggil Budhe sama ponakannya, maunya Tante aja biar ikrib...tapi dijadikan nama panggilan gaul. Tante + Lia = Talia. Yuk mari pemirsa jadi kayak bintang telenovela kan namanya.

3. Nama asli Lisa, jangankan dipanggil Budhe, dipanggil Tante pun ngga mau. Maunya dipanggil Mami biar ikrib sama ponakannya. Mami + Lissa = Milly. Eaaaa ngidam jadi salah satu pemeran AADC ya dulu waktu masih ABG.

Bagi yang merasa tersinggung, sorry ya but I'm not sorry :)) tiap orang kan memang beda beda... tapi kalo gw sih tetep ngerasa identitas itu penting, nama panggilan pun menentukan identitas. Gw ga mau juga ya anak gw bingung sampe migrain... lho jadi yang selama ini gw panggil Mami itu nenek gw ya? Trus yang gw panggil Onta Onty itu ternyata Tante gw ya? Gw sendiri pun ga pernah ngerubah panggilan Lampung yang udah nempel di gw... dan dengan senang hati manggil Oom Tante gw dengan panggilan yang Lampung banget.... Ibu Rajo, Ayah Pangeran, Mami Atu, Ayah Mina, dst. Jadi sekali lagi kalo ada yang tersinggung dengan post ini... peace yaaa. Kalo bukan kita, siapa lagi dong yang ngelestariin budaya dan bahasa yang beragam di Indonesia :)

This entry was posted on Thursday, March 24, 2016 and is filed under ,,,,,,,. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response.